Selasa, 02 September 2008

Latihan Pneumatik Tingkat Dasar (Pneumatic Basic Level)

1. Direct Actuation untuk Single Acting Cylinder

Apabila katup 3/2 NC dengan pushbutton ditekan, maka single acting cylinder akan maju. Dan apabila pushbutton dilepas, silinder akan mundur.

2. Indirect Actuation untuk Single Acting Cylinder


Cara kerjanya sama seperti latihan pertama. Yang membedakan adalah pada latihan 1 pushbutton langsung digunakan untuk memajukan single acting cylinder, sedangkan untuk latihan yang kedua, pushbutton hanya memberi sinyal pada katup 3/2 NC single pilot agar slinder maju.

3. Direct Actuation untuk Double Acting Cylinder


Apabila pushbutton 1 ditekan, maka silinder maju dan apabila pushbutton 2 ditekan silinder mundur.

4. Indirect Actuation untuk Double Acting Cylinder



Cara kerja hampir sama dengan latihan sebelumnya. Yang membedakan adalah pushbutton 1 digunakan untuk memberi sinyal agar silinder maju dan pushbutton 2 digunakan untuk memberi sinyal agar silinder mundur. Pada rangkaian ini menggunakan tambahan katup 5/2 (5/2 way directional control valves) untuk membuat kontrol secara tidak langsung.
Posisi silinder pada saat berhenti, baik didepan maupun dibelakang kondisinya sangat kuat, berbeda dengan kontrol secara langsung.

5. Aplikasi Shutle Valve dalam rangkaian Pneumatik



Untuk membuat Double Acting Cylinder bisa maju ada dua pilihan pushbutton. Pushbutton 1 atau 2. Apabila dua-duanya dilepas, silinder akan mundur.

6. Aplikasi Dual Pressure Valve (AND function) dalam rangkaian Pneumatik



Untuk membuat Double Acting Cylinder maju, syaratnya dua buah pushbutton harus ditekan bersama-sama. Salah satu pushbutton dilepas, silinder akan kembali keposisi semula.

7. Kombinasi shutle valve dan dual pressure valve



Untuk membuat silinder maju ada dua pilihan, silinder satu atau silinder dua. Apabila silinder berada diujung penuh dan pushbutton tiga ditekan silinder mundur.
Kecepatan maju mundur silinder bisa diatur.

8. Gerakan Silinder secara kontinue (continue cycle)



Apabila katup 3/2 dengan selector switch diaktifkan, maka double acting cylinder bergerak maju mundur secara continue. Dan apabila selector switch di matikan, silinder akan kembali ke posisi semula.



Program pay per click pertama di Indonesia. Dengan klik iklan yang ada di website kami beberapa detik kemudian uang masuk ke saldo anda. Pembayaran bisa diminta setiap saat dan akan kami proses lewat bank BCA atau Mandiri. pembayaran minimal Rp.50.000,- 100% FREE, daftar segera disini.

1 komentar:

bagaimana rangkaian sequence pneumatik yang menggunakan tombol start,stop,dan emergency?

 

Home | Blogging Tips | Blogspot HTML | Make Money | Payment | PTC Review

Pneumatic © Template Design by Herro | Publisher : Templatemu